KM Harapan Berasama Lost Contack di perairan Padang - Mentawai


KM HARAPAN BERSAMA LOST KONTAK*

KM Harapan bersama sebuah kapal kargo yang bermuatan Manau (Rotan) serta koprah tersebut diinfokan mengalami lost contact saat dalam perjalan dari Mentawai menuju Padang. Kapal tersebut diketahui berangkat dari Dermaga Simalepet Kab. Kepulauan Metawai menuju Dermaga Muara Padang pada tanggal 7/5 pukul 09.00 wib diperkirakan tiba di Muara Padang Pukul 22.00 wib (7/5) pada hari yang sama. Namun setelah ditunggu sampai keesokan harinya kapal tidak kunjung merapat ke Dermaga Muara Padang. Khawatir akan keselamatan anggotanya, Bpk. Andres selaku pemilik kapal melaporkan situasi ini ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, laporan ini diterima langsung oleh petugas Komunikasi dan langsung ditindak lanjuti dengan melaporkan ke Pimpinan yaitu Bpk. Ahmad Junir S.Sos selaku PLT Kantor Pencarian dan pertolongan Padang. Dalam keterangannya Bpk. Andres menyampaikan bahwa dia sempat berkomunikasi melalui HP dengan kapten kapal tersebut sekitar 1 jam perjalanan dari Dermaga Simalepet, itu merupakan komunikasi terkahir yang dapat dilakukan dengan kapal tersebut. Karena sampai saat laporan ini diterima kapal dan seluruh crew (7 POB) sudah tidak dapat dihubungi lagi.

Menindak lanjuti laporan tersebut, Kantor Pencarian dan pertolongan Padang juga melakukan koordinasi dengan Kantor Pusat Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) dan Kantor Pencarian dan pertolongan Mentawai guna lebih mengoptimalisasi data dan informasi tentang kapal tersebut, sesuai arahan dari Kantor Pusat Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) melalui Direktur Operasi maka ditunjuk lah Kantor Pencarian dan pertolongan Mentawai sebagai SMC dalam menangani musibah ini. Operasi SAR ini didukung oleh 2 Kapal SAR yaitu KN. SAR Ramawijaya ( Mentawai) dan KN. SAR Yudhsitira ( Padang) yang bergerak dari wilayah masing - masing untuk melakukan pencarian terhadap Kapal Harapan Bersama yang mengalami lost contact tersebut.

Koordinasi juga dilakukan kepada pihak SROP (Stasion Radio Pantai) untuk menginfokan kepada seluruh kapal yang berada di jalur yang sama atau perairan sekitar jika melihat atau mengetahui informasi serta keberadaan dari kapal KM Harapan Bersama bisa segera memberikan informasi kepada pihak - pihak terkait.

Bpk. Asnedi S.Sos.,M.Si selaku pimpinan dilapangan menyampaikan kepada seluruh petugas yang terlibat, agar tetap menjaga keselamatan selama operasi SAR berlangsung. Dan operasi SAR ini juga dibantu dari rekan Potensi Gurila Rescue guna lebih memaksimalkan pencarian.



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : padang
8 May 17:00 WIB