PARTISIPASI BASARNAS DALAM GELADI PENANGANAN MASALAH KESEHATAN KONFLIK SOSIAL PEMILU TAHUN 2014


Kantor SAR Manado --- Rabu, 18 Juni 2014, bertempat di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Utara diselenggarakan Geladi Penanganan Masalah Kesehatan Konflik Sosial Pemilu Tahun 2014. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Utara turut melibatkan Badan SAR Nasional yang diwakili oleh Kantor SAR Kelas A Manado sebagai pelaksana penanganan evakuasi korban dari gedung bertingkat dengan teknik Vertical Rescue. Acara Geladi dibuka dengan Apel seluruh peserta Geladi yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Bpk. DR. Djouhari Kansil, M.Pd.,

Dalam sambutan Gubernur Sulawesi Utara yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Bpk. DR. Djouhari Kansil, M.Pd., menyatakan bahwa Pemerintah Sulawesi Utara menyambut baik kegiatan dan berharap dengan diadakan kegiatan geladi ini akan semakin meningkatkan pemahaman terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana, meningkatnya kemampuan seluruh aparatur, dunia usaha dan seluruh elemen masyarakat, dalam penanganan konflik bencana serta semakin solidnya koordinasi antar lembaga atau instansi terkait kebencanaan, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana khususnya bencana konflik sosial.

Dalam kesempatan itu diperagakan latihan menggelar Rumah Sakit Lapangan dan Tenda Triase oleh Tim Kesehatan.

Dalam Geladi ini, dibagi atas beberapa skenario yaitu : Skenario I, penanganan korban bentrokan antara pendukung kandidat. Skenario II,  penanganan  korban bentrokan antara pendukung dan petugas PPS. Skenario III, penanganan korban kebakaran di TPS. Skenario IV, penanganan korban amukan massa di Kantor KPU.

Badan SAR Nasional yang diwakili oleh Kantor SAR Kelas A Manado dilibatkan dalam skenario ke IV dimana terjadi kebakaran di Tingkat 4 sedangkan akses tangga telah tertutup dengan debris akibat kebakaran dan lift tidak dapat digunakan, serta korban mengeluh sesak nafas akibat asap kebakaran maka teman-teman korban yang terperangkap di tingkat 4 meminta tolong Aparat Keamanan di bawah yang kemudian meminta bantuan BASARNAS untuk mengevakuasi korban. BASARNAS kemudian memasuki Kantor KPU dan membantu evakuasi korban.

 



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author