Percepat Evakuasi Korban Basarnas Gelar Familiarisasi Tactical Ascender


JAKARTA –Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Direktorat Sarana dan Prasarana Basarnas menggelar familiarisasi peralatan yang nantinya digunakan saat melakukan pencarian dan pertolongan di ketinggian atau medan vertical. Familiarisasi yang bertujuan meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan kualifikasi rescuer dalam pengopersian alat ini berlangsung selama empat hari mulai 9 sampai 12 Oktober 2018 di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Dinas Pemadam Kebakaran, Ciracas.

DSC_1458.JPG

Tactical Ascender, Power Ascender With Gasoline dan Search Mission System adalah nama peralatan yang difamiliarisasikan kepada 49 orang peserta rescuer yang berasal dari seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan, Balai Diklat Basarnas dan Basarnas Special Group (BSG). Seperangkat peralatan cangih ini dapat mempermudah rescuer melakukan penyelamatan korban di ketinggian. Dengan menggunakan system batere isi ulang, peralatan ini mampu membawa rescuer keketinggian 60 meter hanya dengan waktu 1 menit. Peralatan ini juga tahan air sampai kedalaman 10 meter.

DSC_1034.JPG

Kegiatan familiarisasi ini dibuka oleh Kasubdit Dukungan Sarpras Agus Setiyo, S.T. yang mewakili Direktur Sarana dan Prasarana Basarnas. Dalam sambutannya Setiyo menyampaikan agar para peserta belajar dengan sebaik-baiknya agar dapat mengoperasikan peralatan ini dan apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti hendak bertanya sebaik-baiknya kepada para instruktur. Ditambahkan jika para peserta sudah mengerti dan dapat mengoperasikan peralatan ini hendaknya juga dapat memberikan ilmunya kepada rekan-rekan yang berada di unit kerja masing-masing. (riz)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : novi
12 October 21:45 WIB