Rescuer Pos SAR Jember Kenalkan SAR pada Murid PAUD Yasmin


Jember – Tim rescuer Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember mengenalkan dunia Pencarian dan Pertolongan kepada 100 orang murid PAUD Yasmin Jember, pada Selasa (8/5) pagi. Sosialisasi SAR ini dilakukan dalam rangkaian kunjungan belajar PAUD Yasmin ke Kantor Pos SAR Jember.

Koordinator Pos SAR Jember, Dini Nur Fitriyah mengatakan, pengenalan SAR pada murid PAUD Yasmin ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman tentang Pencarian dan Pertolongan pada masyarakat sejak usia dini.

Dalam kunjungan ini, lanjut Dini, secara bergantian, para rescuer Pos SAR Jember mengajak para murid PAUD Yasmin untuk belajar cara mendayung perahu karet. Meskipun tidak dilakukan di media air yang sebenarnya, namun para murid PAUD Yasmin sangat antusias mencobanya.

Selain mengenal media untuk melakukan pertolongan korban di lingkungan perairan, para murid PAUD Yasmin juga diperkenalkan dengan peralatan ekstrikasi. Sehingga, mereka pun mengetahui apa saja peralatan yang digunakan untuk mengevakuasi korban yang terjebak di reruntuhan.

Para rescuer juga memperkenalkan sejumlah peralatan SAR lainnya, seperti misalnya alat selam, serta mengajak mereka berkeliling kantor, melihat menara rappeling yang digunakan untuk berlatih pertolongan korban di ketinggian.

Bersama para gurunya, tim rescuer Pos SAR Jember juga mengadakan permainan sederhana untuk menciptakan suasana belajar yang semakin meriah diantara para murid PAUD Yasmin.

"Melalui kegiatan kunjungan belajar ini, Kami berharap bahwa nantinya ada diantara para murid PAUD Yasmin yang bekerja sebagai tim SAR untuk membantu sesama manusia, atau minimal, mereka bisa menolong diri dan keluarga terdekat mereka," ungkap Dini. (Lib)