Yatch Berbendera Australia Terombang Ambing DI Samudra Hindia


Selasa (15/05) Pukul 09.36 WIB Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menerima laporan sebuah Yatch yang mengalami kerusakan mesin dan kebocoran karena cuaca buruk, di Samudra Hindia. Laporan tersebut diterima Basarnas Command Center (BCC) melalui email dari Australia Rescue Command Center (AUSRCC). Yatch yang diketahui bernama Blue Ocean dan berbendera Australia ini mengalami kerusakan 25Nm dari Tasikmalaya. Yatch tersebut membawa 8 orang , dimana 5 diantaranya merupakan warga negara Australia dan 3 lainnya adalah warga negara Indonesia.

1.png

Suasana pagi di BCC itu yang tadinya terlihat lenggang langsung berubah menjadi lebih sibuk, petugas siaga langsung melakukan koordinasi dan mempersiapkan area pencarian mengunakan Aplikasi SAR MAP untuk melakukan operasi SAR, serta melakukan E-Broadcast kepada kapal yang melintas di sekitar are tersebut, laporan kejadian ini kemudian diteruskan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung karena lokasi Yatch tersebut masuk dalam wilayah kerjanya. Perencanaan dan Operasi SAR kali ini tampak berbeda karena tidak hanya melibtakan tim SAR dari BASARNAS tetapi juga tim SAR dari Australia. Basarnas dan SAR Australia mengerahkan alutnya untuk menyelamatkan 8 orang yang terombang ambing di tengah Samudra Hindia.

2.png

Operasi SAR yang diberi kode SAREX AUSINDO ini merupakan Latihan Gabungan yang diselenggarakan (BASARNAS) dengan SAR Australia, kegiatan latihan gabungan dengan Australia ini bukan yang petama kali diselenggarakan. Latihan kali ini diselenggarakan melibatkan Kantor Pencarian dan Pertolongan bandung Bandung untuk meningkatkan kemampuan SAR, menumbuh kembangkan koordinasi dan pengendalian Operasi SAR di wilayah perbatasan anatara Australia dan Indonesia, ungkap Direktur Kesiapsagaan Basarnas Didi Hamzar, S.Sos., M.M dalam sambutan pembukaan Latihan SAR AUSINDO 2018 di Jakarta.

Ada yang tampak berbeda dalam pembukaan latihan sar kali ini, dimana pembukaan dilakukan di dua tempat yaitu di Jakarta dan Bandung dengan menggunakan Video Streaming. Dalam Latihan kali ini turut hadir delegasi Australia di BCC Jakarta yaitu Mr. Craig Cannon dari AUSRCC dan Mr. Craig Stanley dari ITSAF, dan ada juga beberapa Delegasi Indonesia dari Basarnas yang berada di AUSRCC Canbera Asutralia.

Latihan dan kerjasma ini berjalan sangat baik, dan diharapkan kerjasama ini bisa terus berlangsung bukan hanya untuk melakukan operasi sar lintas perbatasan, tetapi juga untuk berbagi pengalaman dan meningkatkan kemampuan SAR dalam menangani operasi sar di kedua negara. (bert)



Kategori General Artikel , Agenda Pusat .
Pengunggah : kelik
15 May 22:57 WIB