SITOU TIMOU TOMOU TOU "Manusia Hidup Untuk Menghidupi Manusia Lainnya" PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN


KEIKUTSERTAAN SAR MANADO DI WORKSHOP PENGAMAT CUACA ANTARIKSA


Kantor SAR Manado --- Kantor SAR Manado mendapat kesempatan di undang dalam acara Workshop pada hari Kamis, 22 November 2012 yang diadakan oleh Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado. Workshop ini membahas tentang Pengamat Cuaca Antariksa di Manado dan Peluang Pemanfaatannya. Acara yang diadakan di Ruang Sidang Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi itu, diikuti oleh banyak praktisi akademis maupun pemerintah. {READMORE}

Menurut Ibu Clara Y. Yatini dari Pusat Sains Antariksa LAPAN, Melalui pelaksanaan workshop ini, diharapkan dengan makin berkembangnya teknologi antariksa dan penggunaannya, penelitian dan  pemahaman  mengenai  cuaca  antariksa  dan  dampaknya  merupakan  hal  yang sangat penting.  Demikian  juga  untuk  penelitian  ionosfer  yang  menggunakan  data  pengamatan.Keberhasilan  penelitian, pengembangan,  dan  pemanfaatan  pengetahuan  cuaca  antariksa tentunya harus didukung oleh data yang andal, yang berarti bahwa data bukan hanya harus akurat,  tetapi  juga  harus  mudah  diakses. Perlu  perhatian  khusus  dalam  pemeliharaan peralatan, akuisisi data, dan jaringan data maupun basis data yang dibangun.

Selain itu diharapkan Melalui Workshop ini, Badan SAR Nasional (BASARNAS) dapat mengambil data dari LAPAN untuk mengetahui Cuaca di Antariksa. Hal ini berguna agar dapat mengetahui bila komunikasi dapat terganggu dan dapat mengatasi hal itu.

Dalam Acara tersebut juga Kantor SAR Manado diundang melihat Station Ionosonda di Walian Tomohon.



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
26 November 0:00 WIB